About

MY BLOG

Selamat Datang Di Blog Nuri Prihanto Nugroho

BIMTEK BEST PRACTICE


PERJALANAN MENUJU PINGGIR GUNUNG

Acara kali ini dengan Tema BIMTEK Menulis Best Practice diadakan di SMPN 4 Cikalongwetan, yang sebelumnya lokasi tempat kegiatan ini belum saya kenal, hanya tahu dari sebuah buku yang di tulis oleh Ibu Endang.
Senin pagi pukul 06.00 saya telah bergegas menuju lokasi tempat kegiatan BIMTEK tanpa bantuan aplikasi googe map. Sepagi mungkin saya bergeras mengingat lokasi saya yang berada di lintas Kabupaten, tepatnya di Purwakarta Kecamatan Wanayasa. Kulaju si Keboku (motor merah) melewati bojong memasuki daerah Pasir angin. Terbayang saat itu jalan yang dahulu dilewati begitu rusaknya baik yang di Kabupaten Purwakarta maupun di KBB mengingat daerah ini adalah daerah perbatasan antara dua Kabupaten. Memasuki sebuah jalan yang ada di samping SMPN Pasir angin, terlihat jalan ini sudah teraspal meskipun sebagian jalan ini sudah kembali rusak. Namun paling tidak ada perhatian dari pemerintahan Kabupaten Purwakarta, meski sekarang kondisinya sudah rusak lagi. Jalan ini dalam kondisi masih bisa dipakai dibanding beberapa tahun yang lalu dengan kondisi jalan berbatu.
Perbatasan antara Kabupaten Purwakarta dan KBB hanya dipisahkan sebuah sungai kecil yang sudah tersedia jembatan penghubung antara dua tempat ini. Memasuki kawasan KBB saya agak tercengang melihat kondisi jalan yang sudah Lecir, karena beberapa tahun yang lalu ketika saya hendak ke Ciparang kondisi jalan begitu hancurnya. Ya, ini adalah bentuk layanan pemerintahan KBB dalam pelayanan infrastruktur. Namun selang beberapa ratus meter kondisi Lecir berubah jadi jalan aspal biasa, tapi tak apalah yang penting bisa terpakai.
Sesampai di depan lokasi SMPN 4 Cikalongwetan, saya hanya bisa berkata “Waww Amazing” dengan pemandangan yang luas dari atas terlihat jelas anugerah yang diberikan Maha Kuasa. Terpikir pula bagaimana perjuangan bapa/ ibu yang mengajar di SMPN 4 Cikalongwetan ini. Tentunya mereka punya semangat yang begitu tinggi. Mengutip yang disampaikan Pak Idris “jangan tanya Nasionalisme, Patriotik kepada mereka”. Ya memang benar mereka berjuang untuk membentuk generasi penerus bangsa walau ada di lokasi yang teramat ya begitulah…
Memasuki SMPN 4 Cikalongwetan dengan kondisi yang masih berlapis tanah, saya melihat ada yang berbeda dengan sekolah ini. Kondisinya tertata rapih meski masih dalam tahap penyempurnaan. Di salah satu tembok luar ruangan terlihat ada “Pohon Geulis” yang sudah tertempel berbagai tulisan daun karya anak, bahkan tak menutup kemungkinan semua warga sekolah akan ikut menempelkannya. Ketika berada di ruang tempat kegiatan terlihat berbagai karya anak terpampang (tidak terlalu fokus dengan kacang, sampe dan caunya), ada pula gambar atau lukisan yang dibuat mungkin dengan maksud agar siswa kerasan ketika ada di kelas. Dalam pikiran saya ini bisa ditiru untuk diterapkan di Sekolah Dasar tempat saya bekerja.
Materi kali ini di isi oleh tiga orang pemateri yaitu: Pak Idris Apandi dari LPMP dan Pak Nanang Saiful Anwar dari Ketua Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia KBB dan Pak Dadang A Supardan, Plt Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan KBB. Yang didapat dari kegiatan ini bagaimana cara menulis, menulislah dari hal yang mudah saja dulu. Menulis itu mudah.
Ada banyak ilmu yang didapat dari pelatihan kali ini, semoga apa yang didapat bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari bahwa menulis itu mudah. Selain itu nilai yang tak kalah penting adalah sebuah silatuahmi diantara peserta pelatihan.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BIMTEK BEST PRACTICE"

Posting Komentar