Pembelajaran Tematik
Pembelajaran Tematik.
pemPembelajaran tematik adalah sebuah pembelajaran
yang dikemas ke dalam bentuk tema yang melibatkan beberapa mata pelajaran yang
disajikan dalam satu wadah yang terpadu. pembelajaran tematik merupakan salah satu
dari model-model pembelajaran yang dipadukan/terpadu (integrated
instruction) yang merupakan suatu sistem pembelajaran yang menekankan
siswa, baik secara individual maupun secara kelompok, aktif menggali dan
menemukan konsep serta prinsip-prinsip keilmuan secara holistik, bermakna, dan
autentik. sehingga dalam kegiatan pembelajaran, siswa secara aktif diarahkan
untuk terlibat. Hal inilah yang mendasari terbentuknya pembelajaran tematik dan
menghilangkan serta menolak proses latihan/hafalan (driil), dan monoton, sebagai dasar untuk menanamkan dan membentuk pengetahuan
dan struktur intelektual pada anak sekolah dasar secara holistik.
Dalam pembelajaran tematik ini, siswa diharapkan dapat
memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan
menghubungkannya dengan konsep lain yang berkaitan. Dengan pembelajaran tematik
ini, sekiranya dapat memberikan keuntungan bagi siswa maupun
bagi guru sendiri, yaitu : (1) siswa lebih memusatkan perhatiannya pada
suatu
tema tertentu, (2) siswa dapat mempelajari pengetahuan dan mengembangkan
berbagai kompetensi dasar antara mata pelajaran dalam tema yang sama,
(3)
pemahaman terhadap materi pelajaran lebih mendalam dan berkesan, (4)
kompetensi
dasar dapat dikembangkan lebih baik dengan mengaitkan mata pelajaran
lain
dengan pengalaman pribadi siswa, (5) guru dapat menghemat waktu karena
mata pelajaran
disajikan secara terpadu, sehingga materi dapat dipersiapkan sekaligus
dan
dapat diberikan dalam dua atau tiga pertemuan, (6) siswa lebih bergairah
belajar atau termotivasi, dan pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi
siswa karena dapat berkomunikasi dalam situasi nyata. Dari ke-6
keunggulan model ini maka dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran tematik
dapat mengatasi kejenuhan pada siswa saat mengikuti kegiatan pealajaran.
Selain memiliki beberapa keuntungan seperti yang
dipaparkan di atas, model pembelajaran tematik ini juga memiliki beberapa keunggulan,
diantaranya : (1) pengalaman dan kegiatan belajar sangat relevan dengan tahap perkembangan dan kebutuhan anak sekolah dasar, (2) kegiatan belajar
memberi kesan yang bermakna, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa
meningkat, (3) mengembangkan keterampilan sosial pada siswa, seperti kerja
sama, toleransi, komunikasi, berbudi pekerti dan dapat menerima masukan dan tanggapan dengan sopan dari orang
lain tanpa minder atau malu, (4) pelaksanaan pembelajaran bertolak dari minat
dan kebutuhan siswa, (5) mengembangkan
keterampilan berpikir siswa, (6) kegiatan pembelajaran lebih menekankan pada
permasalahan yang sering dijumpai siswa dalam lingkungannya.
Oleh karena itu, dari keunggulan-keunggulan yang
disebutkan di atas, pembelajaran tematik sangat penting untuk diterapkan di Sekolah
Dasar. mengapa demikian? karena pembelajaran ini memiliki banyak nilai dan
manfaat, yang diantaranya adalah : (1) penggabungan beberapa kompetensi dasar
dan indikator dapat terjadi tumpang tindih materi sehingga dapat dikurangi dan
bahkan dapat dihilangkan, (2) isi/materi pelajaran lebih berperan sebagai
sarana atau alat, sehingga siswa dapat melihat hubungan-hubungan yang lebih
bermakna, (3) siswa lebih fokus dan tidak terpecah-pecah, karena materi yang
disajikan lebih terpadu, sehingga penguasaan materi pelajaran akan semakin baik
dan meningkat, (4) memperkaya transfer belajar (transfer of learning) siswa, karena isi pelajaran diterapkan dari
dunia nyata di sekitar kehidupan siswa.
http://www.blogwahyu.com/p/blog-page_8778.html
0 Response to "Pembelajaran Tematik "
Posting Komentar